Menentukan Kedalaman Sumur Bor

Membuat sumur bor sebagai sumber air bersih yang baik tidak dapat di ukur dengan ketentuan kedalaman berapa yang harus dicapai. Karena pada setiap wilayah akan memiliki perbedaan geografis yang juga mempengaruhi tingkat kedalaman mata air tanah yang paling layak untuk menjadi air konsumsi.
Kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi adalah adanya sumber air bersih, sumber air bersih bisa didapatkan melalui PDAM atau sumur, bahkan sekarang sudah sangat berkembang sumur bor. Untuk mendapatkan kualitas air yang bersih/baik dari sumur bor tidak dapat diukur dengan kedalman berapa yang harus dicapai. Karena setiap wilayah memiliki perbedaan yang dapat mempengaruhi tingkat kedalaman air tanah yang layak untuk dikosumsi.
Biasanya untuk daerah dataran rendah kedalaman mencapai sekitar 6 sampai 10 meter dan ini akan mendapatkan kualitas air tanah yang berkualitas sedang. Dan bisa dikwatirkan lagi dengan kedalaman seperti itu air yang didapatkan masih tercemar oleh resapan lingkungan sekitar.
Terlebih lagi jika pembuatan sumur bor dibuat di wilayah yang sering terkena banjir, dipemukiman penduduk yang padat, maka sudah dapat dipastikan bahwa air yang didapatkan masuk ke katagori tidak baik meskipun air yang didapatkan melimpah.
Dan sangat jauh berbeda jika sumur bor dibuat di dataran tinggi, memang sangat sulit untuk menjangkau sumber air tanah biasanya mencapai kedalaman 20 meter, itupun terkadang sumber air yang didapatkan tidak maksima. Tetapi untuk kualitas air jauh daripada didataran rendah, bisa dikatakan jauh lebih layak untuk dikosumsi sebagai sumber air bersih.
Teknis pembuatan sumur bor yang benar akan sangat mempengaruhi kualitas air baik itu di daerah dataran rendah atau dataran tinggi. Jadi jika sobat ingin membuat sumur bor carilah yang memang benar-benar ahli.
Karena untuk memperoleh air bersih yang bagus hendaknya seorang ahli sumur bor yang dapat mengerti struktur tanah disetiap lapisannya, tentu saja bisa menentukan lokasi yang tepat dimana sumur bor akan dibuat.
Tips Untuk Sumur Bor Untuk Dataran Rendah
Pada lokasi dataran rendah memang tidak sulit untuk menembus air tanah. Dengan kedalaman 4- 10 meter biasanya sudah terdapat sumber air. Namun yang perlu diperhatikan adalah struktur tanahnya masih berlumpur atau tidak, atau berpasir, berbatu atau cadas. Jika dalam kedalaman sumur bor masih berlumpur sebaiknya kedalaman ditambah sampai memperoleh lapisan tanah berpasir dan atau tanah cadas yang keras.
Dengan memperoleh struktur tanah demikian maka kualitas air sumur yang diperoleh kualitasnya lebih baik karena air yang diambil bukan  permukaan atas dan akan tetapi  sumber air lapisan bawah, secara teknis tidak ada resapan dari lingkungan sekitar.
Cara mengatasi resapan dari sumber air permukaan, lubang sumur bor harus dipasangkan pipa casing hingga melewati batas bagian tanah berlumpur. Dengan cara ini akan meminalisir tingkat pencemaran dan akan mempengaruhi kualitas air yang diperoleh.
Tips Cara membuat sumur Bor Dilokasi dataran Tinggi
Jika berbicara masalah biaya, maka sumur bor yang dibuat didataran tinggi akan memakan biaya lebih banyak dibandingkan dengan pembuatan sumur bor yang dibuat di daerah dataran rendah. Hal ini karena biasanya didataran tinggi akan lebih dalam kedalaman yang harus dibor untuk mendapatkan sumber air tanah.
Tetapi untuk kualitas air daerah dataran tinggi masih sangat-sangat layak sebagai air untuk dikosumsi karena tingkat pencemaran masih sangat rendah. Maka untuk sumur bor daerah dataran tinggi tidak mutlak memasang pipa casing seperti yang dipasang didaerah dataran rendah.
Namun yang perlu diperhatikan adalah menjaga keselamatan lubang sumur dari kerusakan akibat longsoran tanah, batu ataupun kejadian lainnya.

Jadi bisa diambil sebuah kesimpulan membuat sumur bor untuk sumber air yang baik tidak bisa di tentukan oleh banyaknya kapasitas air yang melimpah ataupun kedalaman yang bisa dicapai. Namun yang paling bisa jadi acuan adalah mengenali lapisan tanah yang diperoleh ketika membuat sumur bor dan tanah cadas keras ataupun berbatu biasanya akan memperoleh kualitas air yang baik.

(sumber : pompair.com)

CONVERSATION

Back
to top